Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 08 November 2011

AYO MENANAM POHON UNTUK KEHIDUPAN

AYOOOOOOOOOOOOO MENANAM POHON UNTUK ANAK CUCU KITA..
Bakti Lingkungan ini diadakan pada hari Sabtu, 30 Juli 2011, bertempat di Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) Cidahu Sukabumi. Rincian kegiatan Bakti Lingkungan :
1.      Ceremonial Aksi Penanaman 1000 pohon
Tempat berlangsungnya acara ceremonial dilakukan di Resort Cidahu blok 2 di kawasan Gunung Salak. Acara ini dihadiri oleh Kepala Resort Cidahu, Kepala LPM (Lembaga Pengembangan Masyarakat) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta perwakilan Rektor, Kepala Bagian Kemahasiswaan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta perwakilan Pembantu Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan, Kepala Cabang Bank Mandiri, Relawan Gunung Salak, Masyarakat Sekitar Gunung Salak, Menwa UIN Jakarta, KSR UIN Jakarta, Kalacitra UIN Jakarta, KMLA GARUDA FIDKOM UIN Jakarta, Mapala STACIA UMJ, PALATIKA, SMP 2 Cikidang, SMA Cikidang, dan SMA Kabandungan.
Ceremonial ini dilaksanakan pada 10.30 WIB diisi dengan sambutan dari setiap instansi terkait. Dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dari pihak Bank Mandiri secara simbolik kepada Ketua Umum KMPLHK RANITA, berupa uang Rp. 25.000.000,-. Ceremonial selanjtunya adalah pemotongan tali di jalan setapak menuju penanaman oleh pihak Bank Mandiri serta penanaman dari perwakilan setiap instansi.
2.      Penanaman 1000 pohon
Penanaman 1000 pohon sebagai program adopsi pohon dikenakan biaya investasi (bibit, pupuk, penggalian tanah, bambu penyangga) dan perawatan pohon selama 5 tahun sebesar Rp.25.000/pohon yang telah disponsori oleh Bank Mandiri sebanyak 1000 pohon.
Penanaman 1000 pohon ini dilakukan di area Taman Nasional Gunung Salak di kecamatan Cidahu, Sukabumi, Jawa Barat. Penanaman ini menerapkan model adopsi pohon untuk para partisipan, yang dimaksud dengan adopsi pohon adalah penawaran program penanaman pohon dengan menjadikan pengadopsi  sebagai orang tua asuh bagi si pohon tersebut.
Lokasi penanaman disediakan oleh pihak taman nasional berupa area lahan luas di kaki gunung Salak dan gunung Perbakti dan area tersebut akan menjadi lahan garapan bagi para pengadopsi yang terlibat. Adapun pohon yang ditanam adalah Pohon Puspa yang merupakan salah satu pohon yang endemik di wilayah Gunung Salak, dengan jumlah pohon sebanyak 1000 bibit Pohon Puspa.
3.      Rekruitmen relawan tanam pohon
Kegiatan ini dimaksudkan agar para relawan dapat secara terus menerus melakukan penanaman pohon, baik di sebuah komunitas pedesaan, maupun perkotaan. Relawan yang telah terlibat terdiri atas anggota RANITA UIN JAKARTA, relawan tanam Cidahu, Pihak sponsorship (Bank Mandiri), Pihak Kampus (perwakilan Rektor dan perwakilan Purek 3), Menwa UIN Jakarta, KSR UIN Jakarta, Kalacitra UIN Jakarta, Mapala Garuda FIDKOM UIN Jakarta, Mapala STACIA UMJ, PALATIKA, SMP 2 Cikidang, SMA Cikidang, dan SMA Kabandungan.
lihat selengkapanya KLIK

ads

Ditulis Oleh : BELANTARA Hari: 16.39 Kategori:

0 comments:

Posting Komentar

 

Blogger Followers