Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 12 Juni 2012

Rio+20 Konferensi Pembangunan Berkelanjutan


Logo Resmi Konferensi PBB untuk Pembangunan Berkelanjutan

Buletinbelantara.com- Semakin rentanya bumi ini menuntut setiap penghuninya untuk selalu memikirkan pembangunan berkelanjutan. Pembangunan berkelanjutan atau sutainable development merupakan konsep pembangunan yang memperhitungkan aspek lingkungan. Dalam rangka menyamakan presepsi global terkait hal tersebut UNEP sebagai program lingkungan PBB mengadakan Konferensi PBB utuk Pembangunan Berkelanjutan Rio+20 di Brazil.

Dalam konferensi yang berlangsung pada 20-22 Juni 2012 tersebut akan dibahas isu seputar Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) diusulkan oleh Columbia, Guatemala, dan Peru. Tujuan diadakannya konferensi itu untuk mengingatkan para pembuat kebijakan dan pemangku kepentingan lainnya tentang pentingnya mencapai hasil yang padat di Rio +20, untuk masa depan.

Mengintegrasikan proses SDG dan inisiatif lainnya ke dalam sebuah kesatuan proses tunggal akan sangat menguntungkan karena hal ini akan ditetapkan suatu kerangka kerja pasca-2015 yang jelas.

Dunia tidak bisa menunggu untuk sebuah tindakan demi mengatasi tantangan yang mengancam pembangunan berkelanjutan, dan kemiskinan tidak akan teratasi tanpa kemauan politik (political will) yang kuat. Untuk itu diperlukan kebijakan yang sesuai dan mekanisme yang efektif untuk memastikan implementasi demi mengatasi tantangan ini. Satu set SDGs akan menawarkan kerangka yang lebih komprehensif untuk menanggapi kebutuhan ini sementara juga membayangkan kemiskinan pemberantasan sebagai Tujuan menyeluruh, sehingga adopsi dari suatu ambisius mandat SDG di Rio +20 sangat penting untuk menyetel kembali dan menyalakan kembali upaya seluruh dunia dalam menciptakan masa depan yang kita inginkan.

Tujuan lainnya adalah untuk menyatukan komitmen sukarela dari negara maju dan berkembang demi kepentingan agar SDGs dipromosikan berdasarkan tujuan bersama, berbagi kepentingan dan kapasitas masing-masing.

Isu yang dibahas seputar pembangunan berkelanjutan antara lain adalah: (1) Pengentasan kemiskinan, (2) kelestarian lingkungan, (3) konsumsi berkelanjutan, (4) produksi berkadar karbon rendah, (5) ekonomi Sosial, (6) Melindungi dan mengelola basis sumber daya alam pembangunan ekonomi dan sosial, (7) Pembangunan berkelanjutan di dunia global, (8) Kesehatan dan pembangunan berkelanjutan, (9) Sarana pelaksanaan kelembagaan kerangka kerja untuk pembangunan berkelanjutan, (10) Gender dan kesetaraan, (11) Prioritas daerah seperti sumber makanan, air, sanitasi, akses ke energi, laut dan samudera, hutan, penggurunan, kesehatan, pendidikan, tempat tinggal. (12) Tantangan Perubahan iklim, (13) Energi keamanan, (14) Peningkatan jumlah bencana alam dan buatan manusia. (15) Muncul kemungkinan pekerjaan hijau atau green job dan inklusi sosial, (16)  etahanan dan kesiapsiagaan bencana, (17) Penguatan kelembagaan kerangka kerja untuk pembangunan berkelanjutan. (Sumber: UNEP)

ads

Ditulis Oleh : Dian Sari Pertiwi Hari: 07.34 Kategori:

0 comments:

Posting Komentar

 

Blogger Followers