Diberdayakan oleh Blogger.

Rabu, 30 Januari 2013

Profile KSPLH SIKAPALA

KSPLH SIKAPALA ( komunitas Siswa Pencinta Lingkungan Hidup Siswa Kabandungan Pencinta Alam ) adalah Komunitas Pencinta Alam Kabandungan yang berdiri pada tanggal 17 september 2006, di bawah naungan SMAN 1 KABANDUNGAN ( SMANKAB ) dan Perlindungan TAMAN NASIONAL GUNUNG HAMIMUN SALAK ( TNGHS ).

KSPLH SIKAPALA adalah komuntas pencinta alam pertama yang berdiri di bawah naungan Sekolah menengah atas ( SMA ) dan setingkatnya di Kecamatan Kabandungan Kabupanten sukabumi. Maka dengan berdirinya KSPLH SIKAPALA di Kecamatan Kabandungan Kabupaten Sukabumi, kami harapkan akan bermunculan Para Pencinta Alam Muda dan Tangguh, Gigih, serta memiliki loyalitas yang tinggi terhadap Alam. Maka dengan cara merekrut anggota baru pada setiap tahunnya, dan menjadikan alumni alumni SMAN 1 KABANDUNGAN yang telah ikut bergabung dengan komunitas ini menjadi anggota luar biasa, agar setelah lulusnya mereka dari sekolah, mereka akan tetap menjadi anggota KSPLH SIKAPALA.

Harapan kami merintis Komunitas ini adalah tiadak lain agar kami dapat membantu melestarikan lingkungan sekitar, dan melestarikan Alam. selain itu juga kami bisa menyalurkan hobi hobi para pencinta Alam kabandungan yang kebanyakan dari mereka adalah para remaja yang masih duduk dibangku SMAN 1 KABANDUNGAN .

KSPLH SIKAPALA dirintis oleh Bapak Nana Suryana, Bapak Ali Abidin,Bapak Asep Saepudin, Bapak Ade Rustandi,Bapak Sukoco.  di Ciherang ( Cimanggu ) Jaya Negara Desa. Kabandungan Kecamatan. Kabandung Kabupaten. Sukabumi. pada tanggal 17 september 2006 yang telah diresmikan Oleh Bapak Drs. Atep (wakasek kesiswaan SMAN 1 KABANDUNGAN).

Setelah tahapan rekruitmen anggota, maka Glatsar Pertama dilaksanakan di Cikaniki ( Bumi perkemahan Citalahab ) TAMAN NASIONAL GUNUNG HALIMUN SALAK ( TNGHS ) oleh keluarga besar KSPLH SIKAPALA dan RANITA UIN JAKARTA serta GMC UI JAKARTA dengan jumlah anggota sebanyak 28 orang yang telah berhasil bergabung , dan Glatsar Ke dua terlaksana di Puncak Salak 1  atas kerjasama KSPLH SIKAPALA dan RANITA UIN JAKARTA dengan jumlah anggota 16 orang yang berhasil bergabung.

VISI & MISI KSPLH SIKAPALA

PRINSIP KEGIATAN DI ALAM BEBAS

1. Janagan ambil apapun dari alam kecuali gambar
2. Jangan tinggalkan apapun di alam kecuali jejak.
3. Jangan bunuh apapun dari alam Kecuali Waktu.

1. take nothing but picture
2. leave nothing but footprint
3. kill nothing but time

TAHAPAN

Sebelum calon anggota KSPLH SIKAPALA resmi menjadi anggota, ada beberapa tahapan yang hrus mereka lalui antara lain yaitu :
1. a. Tes tulis
    b. Tes Wawancaa
    c. Tes Fisik
2.  Mengikuti Kontrak belajar khusus Kepencinta Alaman selama satu minggu di ruangan aula.
     adapun Materi yang di pelajari yaitu
     
  •      Etika KSPLH SIKAPALA
  •      3 Prinsip KSPLH SIKAPALA
  •      Manaajemen Pendakian/perjalanan
  •      Manajemen Organisasi
  •     Advokasi
  •     Konservasi
  •     Mountaineering
  •     Survival
  •     Navigasi Darat
  •     ESAR
  •     P3K
  •     Lagu Lagu KSPLH SIKAPALA
  •     Game KSPLH SIKAPALA

3. Mengikuti Praklap atau Praktek Lapangan ( Glatsar )
    sebagai pengangkatan dari calon anggota menjadi anggota muda sikapala.
4. Mengikut pelantikan ke2 ( Mantap 2  )
    untuk pengangkatang anggota dari anggota muda menjadi    anggota penuh KSPLH SIKAPALA.
   
5. Maka anggota muda telah diresmikan menjadi anggota penuh KSPLH SIKAPALA
    dengan penyematan Syalayer kebanggaan KSPLH SIKAPALA.

Setelah tahapan tahapan itu selesai di jalankan, maka para calon anggota, KSPLH SIKAPALA, telah resmi bergabung dengan komunitas ini dan di nobatkan menjadi anggota penuh KSPLH SIKAPALA, yang harus setia, loyalitas terhadap Alam dan linggkunga di sekitanya.

ads

Ditulis Oleh : BELANTARA Hari: 11.18 Kategori:

0 comments:

Posting Komentar

 

Blogger Followers