Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 18 Maret 2013

5 Alasan Menambahkan Tanaman di Meja Kerja


1. Meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan.

Berdasarkan penelitian NASA menambahkan tanaman di atas meja kerja selain dapat memberi kesan ramah terhadap ruang kerjamu, tanaman tersebut juga membantu membersihkan udara dan bahkan meningkatkan kesehatan.

Pada tahun 1973, ilmuwan NASA mengindentifikasikan 107 komponen uap organik di udara yang berada di dalam ruang stasiun Skylab, di sana ditemukan pekerja NASA seringkali mengalami apa yang disebut dengan Sick Building Syndrome.

Komponen uap organik merupakan kimia organik yang berada dalam kondisi temperatur udara. Komponen ini berbahaya bagi kesehatan manusia. Seperti wewangian pengharum ruangan merupakan bagian dari komponen tersebut. Bahaya komponen uap ini memang berbeda dari racun, akan tetapi ia akan memberikan efek jangka panjang terhadap kesehatan manusia. Salah satunya adalah melambatnya sistem respon manusia dan sulitnya berkonsentrasi.

Sementara itu, Bill Wolverton, seorang pakar lingkungan yang bekerja untuk tentara Amerika, menemukan bahwa tanaman dapat menghilangkan efek Agent Orange (sebuah racun atau bahan kima yang disebarkan Amerika ketika perang Vietnam untuk merusak DNA tubuh dan tumbuhan). Kemudian dia mengembangkan ide tersebut, dan mencobanya dengan menanam tanaman di dalam rumah untuk meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan dan akhirnya dia menemukan faktanya bahwa menambahkan tanaman hidup di dalam ruangan dapat mengilangkan kompenen uap organik tersebut.

2. Mengurangi stress
Helen Russell dalam disertasinya di Universitas Surrey jurusan Psikologi Lingkungan membuktikan secara ilmiah bahwa menambahkan tanaman di dalam ruangan dapat mengurangi stress.

Dalam penelitiannya, Russell meminta beberapa orang sebagai sampel penelitiannya untuk mengerjakan tes yang sulit di dalam sebuah ruangan yang penuh dengan tanaman, dan membandingkan daya konduksi kulit, detak jantung dan tekanan darah dengan beberapa orang yang mengerjakan tes yang sama di ruangan tanpa tanaman.

Secara keseluruhan penemuan Russell menunjukkan bahwa tanaman dapat mengurangi stress. Terdapat perbedaan yang cukup signifikan antara sampel yang mengerjakan di ruangan yang bertanaman dan yang tanpa tanaman.


3. Meningkatkan produktifitas
Tanaman di dalam pot bukan hanya membuatmu tenang pada padat dan melelahkannya hari kerja, tapi juga meningkatkan fokus dan produktifitas. Membuatmu menyelesaikan berbagai tugas dengan tingkat stress yang rendah.

Dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Environmental Horticulture, peneliti dari Universitas Negeri Washington mengungkapkan bahwa tumbuhan yang hidup di dalam ruangan membantu pekerja menyelesaikan tugasnya dengan lebih fokus dan efesien.

Penelitian tersebut meminta pekerja untuk menyelesaikan tugas yang mudah dengan komputer di dalam ruangan bertanaman dan tanpa tanaman.
Hasilnya menunjukkan bahwa produktifitas pekerja yang berada di dalam ruangan bertanaman meningkat 12 persen. Selain itu, orang yang mengerjakan tugasnya di dalam ruangan bertanaman memiliki perhatian yang lebih fokus sebesar 10 persen daripada orang yang berada di ruangan tanpa tanaman.

4. Menjadikan ruangan lebih nyaman
Kelembaban yang direkomendasikan untuk kenyamanan manusia berkisar antara 20 dan 60 persen, tapi banyak kantor yang tidak terlalu memperhitungkan ini, terutama di musim panas dan hujan. Interior yang memiliki kelembaban yang rendah dapat meningkatkan rasa lelah, tidak nyaman dan drop. Tapi berdasarkan penelitian dari Universitas Negeri Washington keuntungan menambahkan tanaman di dalam ruangan selain menambahkan produktifitas, juga dapat memberikan solusi terkait masalah kenyamanan.

Penemuan tersebut mengungkapkan bahwa ketika tanaman ditambahkan ke dalam ruangan dapat memberikan kelembaban sekitar 30 persen. Sedangkan kalau tidak ditambahkan tanaman hanya 25 persen ke bawah.

5. Selalu mengingat lingkungan
Jika ada tanaman di atas meja kerjamu selain dapat memberikan manfaat kesehatan dan kebaikan bagi tubuhmu, ia juga dapat mendorong perilakumu jadi lebih ramah lingkungan.

Dengan menambahkan tanaman di atas meja kerjamu, setidaknya akan selalu mengingatkanmu bahwa penting untuk menjaga dan peduli terhadap bumi dan lingkungan. Dan kamu akan berpikir bahwa bergaya hidup ramah lingkungan menjadi sangat berarti untuk kebaikan bumi.

Setiap kamu menyiramkan air ke dalam pot tanamanmu, biarkan dirimu untuk berpikir, kenapa kita harus mencintai lingkungan. Kamu akan merasakan kesadaran lingkungan dan pembiasaan rutinitas ramah lingkungan ke dalam kehidupan kerjamu. Seperti mengingat untuk selalu hemat kertas dan energi atau menggunakan bahan yang dapat digunakan kembali (reusable).

ads

Ditulis Oleh : Dian Sari Pertiwi Hari: 21.16 Kategori:

0 comments:

Posting Komentar

 

Blogger Followers