Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 10 Mei 2016

Layaknya Seorang Manusia



Manusia dan lingkungannya

Kehidupan masyarakat yang tenang, aman dan sejahtera, bukan hanya ditentukan oleh unsur manusia sebagai anggota masyarakat, melainkan ditentukan juga oleh unsur hayati maupun unsur fisik lain yang mendukung kelangsungan hidup. Beberapa contoh permasalahan lingkungan hidup diantaranya : kebakaran hutan, pengalihfungsian lahan, dan sampah.
Kalian tentu bisa membayangkan bagaimana suasana lingkungan ditempat kediaman kalian penuh dengan sampah yang bau menyengat, bising, asap dari kendaraan dan juga air yang kotor. Tentu sangat tidak nyaman tinggal di kawasan seperti itu bukan ?
Lingkungan hidup mempunyai keterbatasan, baik dalam kualitas maupun kuantitasnya. Dengan kata lain lingkungan hidup dapat mengalami penurunan kualitas dan penurunan kuantitas. Jika dibiarkan secara terus menerus, maka lingkungan tidak dapat berfungsi lagi untuk mendukung kehidupan makhluk hidup yang ada didalamnya.
Karena itu, lingkungan sangat penting bagi kehidupan manusia karena lingkunganlah yang menopang manusia sebaliknya. Dan sebaliknya, jika lingkugan tersebut rusak maka kehidupan manusia akan terganggu bahkan dapat menyebabkan kepunahan bagi keberlangsungan hidup manusia.
Masalah lingkungan mulai ramai dibicarakan sejak diselenggarakannya Konferensi PBB tentang Lingkungan Hidup di Stockholm, Swedia, pada tanggal 15 Juni 1972. Di Indonesia, tonggak sejarah masalah lingkungan hidup dimulai dengan diselenggarakannya Seminar Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Pembangunan Nasional oleh Universitas Pajajaran, Bandung pada tanggal 15 – 18 Mei 1972.
Faktor terpenting dalam permasalahan lingkungan adalah besarnya populasi manusia (laju pertumbuhan penduduk). Pertumbuhan penduduk yang pesat menimbulkan tantangan yang mana dicoba diatasi dengan pembangunan dan industrialisasi. Namun industrialisasi disamping mempercepat persediaan segala kebutuhan hidup manusia juga memberi dampak negatif terhadap manusia akibat terjadinya pencemaran lingkungan, bahkan dampak tersebut mengakibatkan masalah lingkungan yang akan terselesaikan dalam jangka waktu yang sangat panjang.
Melihat masalah lingkungan hidup yang kompleks, kita lihat masalah sampah yang menjadi momok biangnya masalah di berbagai wilayah di Indonesia dari sabang sampai merauke, terlihat bermacam-macam sampah baik itu dari limbah industri sampai limbah rumah tangga. Bagaimana itu bisa terjadi ?Jawabannya adalah itu dikarenakan mausia itu sendiri.
Oleh karena itu, kita selaku manusia yang diberi akal serta pikiran untuk bisa mampu mengendalikan dan mempertanggung jawabkan apa yang telah kita perbuat, jika kita membeli makanan yang memakai sampah plastik tentunya bekas sampah yang dipakai dibuang ketempat sampahnya, itu hal sepele tapi akan berguna sangat signifikan jika semua orang dapat melakukannya sesuai prosedur.
Akhir kata lestarikan dan jaga lingkungan kita, kalau bukan kita siapa lagi !!!

By : Ahmad "suheng" Syaekhuddin AM.15.16

ads

Ditulis Oleh : BELANTARA Hari: 08.27 Kategori:

0 comments:

Posting Komentar

 

Blogger Followers