Diberdayakan oleh Blogger.

Kamis, 21 Maret 2013

Kerjasama Air Internasional, Hari Air 2013

Air sangat esensial bagi kehidupan, manusia dan perkembangan ekonomi. Bagaimanapun sumber daya air di planet bumi ini terbatas dan tidak terdistribusi secara merata baik dengan waktu maupun tempat.

Permintaan akan air meningkat untuk memenuhi kebutuhan pertumbuhan populasi dunia, sekarang ini dengan 7 milyar orang, untuk produksi, energi, industri dan bahkan penggunaan dalam skala rumah tangga. Dewasa ini tekanan urbanisasi, polusi, dan pemanasan global telah mengancam sumber daya air.

Di Indonesia, pemerintah daerah kurang peduli terhadap ketersediaan air minum dan sanitasi. Ada proses distribusi yang tidak merata antara pemenuhan air di perkotaan dan di pedesaan. Ironis, ketika melihat sebuah desa seperti Gerahong yang berada dekat dengan gunung Salak sempat mengalami kekeringan.


Tahun ini Hari Air mengusung tema Tahun Kerjasama Air Internasional. Manajemen air diperlukan agar keberlanjutan dan distribusi air merata antara wilayah perkotaan dan pedesaan. Terutama di negara-negara seperti Afrika.

"Memecahkan tantangan manajemen air perkotaan sangat penting untuk membuka potensi ekonomi Afrika dan meningkatkan tingkat kesejahteraan dari penduduk kota," kata Manajer Sektor Bank Dunia untuk Pembangunan dan Jasa Perkotaan di Kawasan Afrika, Alexander Bakalian, dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu. (Antaranews)

ads

Ditulis Oleh : Dian Sari Pertiwi Hari: 21.05 Kategori:

0 comments:

Posting Komentar

 

Blogger Followers