Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 08 November 2011

ANGGOTA KMPLHK RANITA UIN JAKARTA IKUT SERTA Jambore Bahari, Ajang Diving dan SAR Laut


Terumbu karang di Pulau Pramuka tidak sebagus di Pulau Karya. Hanya pemandangan karang yang keras dan debu-debu laut yang mulai terangkat akibat penyelam yang melakukan diving. Namun berdiving merupakan pengalaman berharga dengan melihat indahnya terumbu karang.
Brosur yang tertempel di tiang-tiang fakultas membuka partisipan Jambore Bahari. Acara dilangsungkan pada tanggal 22-24 April 2011. Berbagai kegiatan yang ditawarkan seperti diving, penanaman terumbu karang, penanaman mangroove, pelepasan tukik (penyu kecil, red) dan masih banyak pelajaran mengenai SAR laut lainnya.
Tiga hari Jambore Bahari dilangsungkan. Memasuki hari pertama dilakukannya diving dan SAR laut. Pulau Kanya menjadi tempat untuk diving sedangkan Pulau Pramuka untuk mempraktekkan SAR laut. Bagi pemula, diving bukanlah hal mudah. Ketegangan dan kepanikan akan hilang dengan sendirinya apabila sering dipelajari dan dipraktekkan.
SAR laut yang mengambil lokasi di Pulau Pramuka tidak jauh berbeda dengan penerpan SAR di sungai/danau dilihat dari basic dasarnya. Untuk lebih mendalami kembali, di waktu malamnya diberikan talkshow tentang tramp dan kepulauan seribu. Gambaran tentang kepulauan seribu dengan berbagai keunikannya.
Keesokan harinya disibukkan dengan kegiatan pewarnaan slayer dari museum tekstil Jakarta. Disanalah kami dikenalkan dengan berbagai macam warna yang berasal dari tumbuhan. Pewarna ini ramah terhadap lingkungan karena berasal dari bahan alami. Dari sanalah kami semakin mengetahui bahwa kekayaan alam memberi manfaat bagi manusia.
       Acara selanjutnya adalah penanaman terumbu karang. Sebelumnya ada penjelasan dan tanya jawab antara komunikator dan audien selaku komunikan. Setelah panjang lebar terjadi perbincangan yang menarik. Maka ditutup dengan perwakilan penanaman terumbu karang dari pihak tramp, pemerintah kepulauan seribu dan peserta jambore Bahari.
       Penanaman terumbu karang pun selesai. Sesuai rundown acara dilanjutkan acara diving dan SAR laut. Ditemani instruktur, kami diterangkan fungsi berbagai alat diving. Setelah dirasa cukup diving dilakukan. Tempat terindah mulai terlihat di kala sore. Ujung pulau dengan snorkling (berenang sambil melihat terumbu karang, red) dan melihat pemandangan terbenamnya matahari di tengah-tengah laut. Sungguh pengalaman yang tidak terlupakan.
Edy Priyanto (RAN. 09. 255)
Lihat selengkapanya KLIK

ads

Ditulis Oleh : BELANTARA Hari: 23.08 Kategori:

0 comments:

Posting Komentar

 

Blogger Followers