Diberdayakan oleh Blogger.

Sabtu, 26 Mei 2012

Masalah Sampah Butuh Komitmen Masyarakat

Monster Plastik Melakukan Seruan Aksi Diet Kantong Plastik
Jakarta, Buletinbelantara.com,- Saat ini isu terbesar lingkungan setelah pembatatan hutan adalah sampah. Plastik menjadi permasalahan yang cukup serius karena memerlukan waktu 10-20 tahun untuk dapat terurai di alam. Selain itu pengelolaan sampah yang tidak memadai menyebabkan rendahnya tingkat kesehatan masyarakat. 

Untuk mengupayakan pengurangan plastik, Greeneration Indonesia, Earth Hour Indonesia, Walhi, dan GreentStudent Movement mengadakan kampanye Head Bag Mob di Car Free Day Sudirman, 27 Mei 2012, pukul 6.30-9.30 pagi.

"Diet Kantong Plastik merupakan kampanye untuk mengajak masyarakat bijak dalam menggunakan kantong plastik, agar timbunan sampah plastik berkurang". Ujar Ines, koordinator Diet Kantong Plastik (27/5).

Dalam acara ini, setiap orang dapat menukarkan plastiknya dengan reusable bag yang lebih ramah lingkungan dan menggambar desain sesuai dengan seleranya. 

Pada tahun 2009 Greeneration melakukan riset sebanyak 73 persen masyarakat telah memiliki tas yang dapat digunakan berulang kali namun 79 persen dari mereka tidak membawanya saat berbelanja. Ines mengatakan kampanye ini adalah bentuk penyadaran masyarakat untuk berkomitmen membawa tas belanjanya ketika berbelanja.

Acara di Jakarta ini adalah rentetan kampanye yang dilakukan oleh Greeneration Indonesia, setelah Bandung dan akan disusul Medan, Solo, Bali, dan Makassar.

Plastik yang terkumpul dalam acara ini akan diberikan kepada penggagas Fashion Plastic yang berkomitmen untuk membuat nilai sampah lebih tinggi daripada sekadar dibuang. (dsp)



ads

Ditulis Oleh : Dian Sari Pertiwi Hari: 22.37 Kategori:

0 comments:

Posting Komentar

 

Blogger Followers