Diberdayakan oleh Blogger.

Selasa, 03 Juli 2012

Berbelanja Di Pasar Terapung

Suasana Pasar Terapung Barito/ foto: Syamsul Rizal
Buletinbelantara.com- Siapa yang tidak pernah berbelanja ke pasar? Tentu semua orang pernah. Untuk pasar terapung mungkin ada pengecualiannya. Hanya mereka yang tinggal di kawasan sungai Barito yang dapat berbelanja sambil mengapung di atas air. 

Pasar Terapung ini terdapat di sungai Barito desa Alalak, kecamatan Banjarmasin. Aktifitas pasar ini biasa dimulai pada pukul 04.00-08.00 WITA. 

Pasar yang mengapung di atas sungai ini sama halnya seperti pasar tradisional lainnya. Kebutuhan sembako dan memasak ada di sana. Ikan, sayuran, buah, rempah-rempah. 

"Pedagang di sini buka dari hari Senin sampai Sabtu, dan jika hari Minggu ada banyak turis yang datang untuk melihat keunikan pasar terapung sungai Barito" Ujar pak Samrani (1/7/2012), selaku nakhoda kapal pengangkut penumpang.

Setiap konsumen yang ingin berbelanja di pasar terpung sungai Barito ini harus menaiki perahu yang mengantarkan mereka ke sana. "Ada juga pembeli yang membawa perahu sendiri" Tambah pak Samrani.

Pasar tradisional seperti ini menjadi semacam oase di tengah gempuran supermarket dan mini market di kota-kota besar. Tawar menawar di pasar menjadi ciri khas dan budaya di Indonesia khususnya antara konsumen dan penjual, sehingga pasar dijadikan sebagai arena sosialisasi. Berbelanja di pasar tradisional berarti melestarikan budaya. (sr/dsp)


ads

Ditulis Oleh : Dian Sari Pertiwi Hari: 00.40 Kategori:

0 comments:

Posting Komentar

 

Blogger Followers