Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 27 Juli 2012

Mari Kurangi Emisi


sumber gambar:  http://energiterbarukanindonesia.com

BuletinBelantara.com- Emisi merupakan salah satu penyebab pemanasan global. Emisi yang disumbangkan manusia dalam aktifitasnya sehari-hari ternyata justru membawa kita menuju kerusakan bumi yang nyata. Emisi tersebut disumbangkan dari kejadian kebakaran hutan, pembukaan lahan gambut dengan pembakaran, aktifitas produksi industri, dan transportasi yang memiliki gas buang. 

Ada langkah sederhana yang dapat kita lakukan untuk mengurangi emisi. Berikut ini, redaksi Belantara sarikan dari berbagai sumber: 

Pertama, kurangi penggunaan kendaraan pribadi. Di kota-kota besar sulit menekan penggunaan kendaraan pribadi, karena beberapa faktor seperti kepraktisan, gengsi, kendaraan umum yang belum memanusiakan manusia alias tidak nyaman, dan masalah waktu yang terbuang di jalan. Alternatifnya adalah, memilih kendaraan sesuai jarak tempuh yang ingin dituju, jika dekat usahakan jalan kaki atau bersepeda. Selain itu, kita juga dapat  memilih kendaraan yang hemat bahan bakar. 

Kedua, kurangi sampah rumah tangga dan industri. Metan yang dihasilkan dari sampah akan menambah kandungan karbon di atmosfer. Kita dapat mengurangi penggunaan kemasan produk dan kantong kresek. Cobalah membawa kantong belanja sendiri dan hindari kemasan sekali pakai.

Ketiga, terapkan budaya hemat energi. Mengurangi penggunaan energi sama dengan hemat bahan fosil, karena bahan bakar fosil merupakan bahan bakar kotor. 

Keempat, melestarikan hutan dengan hemat kertas. Hemat dalam mengkonsumsi kertas dapat dilakukan dengan memakainya bolak-balik, dan mengirim pesan dengan menggunakan fasilitas elektronik, seperti email, sms. 

Langkah sederhana ini tentu lebih mudah dan terjangkau untuk mengurangi emisi, daripada program-program penanaman seribu pohon yang dicanangkan pemerintah. Karena langkah ini merupakan langkah kongkrit dan berdampak langsung. 

ads

Ditulis Oleh : Dian Sari Pertiwi Hari: 00.50 Kategori:

0 comments:

Posting Komentar

 

Blogger Followers