Diberdayakan oleh Blogger.

Senin, 01 Oktober 2012

Inilah Pentingnya Mempertimbangkan Perjalanan Wisatamu

BuletinBelantara.com- Perjalanan dan pariwisata memiliki dampak yang besar bagi lingkungan, dan memberikan emisi gas rumah kaca setiap tahunnya. Konsumsi kita sebesar 25 persen berasal dari sumber daya alam bumi, lebih besar daripada kemampuan planet kita untuk mengisi mereka dan untuk mempertahankan kehidupan di bumi. 

Apa dampak yang akan ditumbulkan akibat perjalanan yang tidak ramah lingkungan?
Pada tahun 2011, emisi CO2 berada dalam level tertinggi yakni 34,83 Juta Ton. Masih pada tahun yang sama emisi global dari carbon dioxide telah meningkat sebesar 106 persen. 

Dampak apa yang dimiliki oleh para pemilik industri perjalanan? 
Pariwisata memiliki tanggungjawab sebesar 5 persen atas emisi global CO2 dan berkontribusi sebesar 4,6 persen atas pemanasan global. Belum lagi sektor transportasi, termasuk udara, mobil, dan kereta dirata-ratakan mereka menyumbang sebesar 75 persen emisi. Belum lagi perhotelan yang menyumbang emisi karbon atas penggunaan listrik sebesar 29,53 Kg CO2. 

Bagaimana cara kita mengurangi jejak karbon kita? 
Pertama, pilihlah perusahaan penerbangan atau hotel yang memberikanmu batas jejak karbon dan memberikan kesempatan untuk mendonasikan pohon atas namamu ketika kamu melanggar batas tersebut. Kedua, Hindari perjalanan udara kalau masih memungkinkan untuk menggunakan kereta. Ketiga, Berliburlah yang dekat dengan rumah. Keempat, kalau kamu memang perlu menggunakan pesawat, pastikan booking tiket dengan cara yang praktis (online) dan pastikan perusahaan penerbanganmu mendaurulang sisa makanan dan sampah dari konsumsi penumpang pesawat. 
Kelima, perlakukanlah kamar hotel seperti kamar di rumahmu sendiri. Seperti matikan listrik dan AC ketika tak dipakai. Keenam, jangan sewa mobil di waktu libur, gunakan sepeda atau berjalan kaki. Ketujuh, gunakan gadget yang dapat dicharge ulang, hindari penggunaan baterai sekali pakai. Kalau ada gadget yang menggunakan tenaga matahari akan lebih baik. Kedelapan, dukung komunitas lokal yang kamu kunjungi dengan membeli makanan atau barang dari supplier lokal. (dsp/dailyinfographic.com)

ads

Ditulis Oleh : Dian Sari Pertiwi Hari: 04.19 Kategori:

0 comments:

Posting Komentar

 

Blogger Followers